Skill Jurusan Perhotelan Yang Berguna di Era 4.0

Photo by Copernico on Unsplash
Photo by Copernico on Unsplash

Apakah serial drama bertema hotel menginspirasi kamu untuk kuliah perhotelan? Atau apakah kamu memiliki saran dari orang terdekat untuk mempelajari ilmu perhotelan? Kalaupun tidak, mungkin setelah mengetahui beberapa skill yang sangat dibutuhkan di era 4.0 ini, kamu jadi tertarik.

Salah satu peluang karir di industri perhotelan adalah kebutuhan akan SDM (Sumber Daya Manusia) yang tanggap terhadap tantangan global dan keterampilan yang mumpuni. Mahasiswa modern perlu mengasah soft skill mereka untuk mengikuti perkembangan zaman. Karena lingkungan kerja saat ini penuh dengan persaingan. Selain keterampilan akademik, kamu membutuhkan keterampilan lain untuk bersaing. Banyak dari skill jurusan perhotelan yang akan sangat berguna di era 4.0 saat ini. Apa saja? Yuk baca artikelnya sampai selesai.

Skill Berkomunikasi Yang Mumpuni

Skill Jurusan Perhotelan pertama adalah Keterampilan berkomunikasi. TIdak dipungkiri, komunikasi dibutuhkan hampir di semua sektor industri termasuk perhotelan. Semakin tinggi posisi seseorang dalam hierarki, semakin penting kemampuan komunikasinya. Dalam dunia perhotelan, kamu akan dihadapkan dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, usia, kebangsaan dan sifat. Karena itu, kemampuan untuk dapat berkomunikasi dengan cara yang mewakili hotel sekaligus dapat dipahami oleh pelanggan adalah hal penting yang harus kamu pelajari.

Penuh Pengetahuan Karena Mempelajari banyak Ilmu

Ada banyak aspek yang terlibat dalam pengelolaan sebuah hotel – mulai dari makanannya hingga kebersihannya, mulai dari laporang keuangannya hingga kenyamanan tamu hotel. Maka pasti ada beragam ilmu yang dipelajari saat kuliah perhotelan. Salah satu Skill Jurusan Perhotelan yang sangat dibutuhkan adalah karena banyaknya ilmu yang dipelajari. Misalnya, studi manajemen perhotelan akan menginformasikan bagaimana karyawan hotel direkrut, dilatih, dan dievaluasi. Memahami perintah dalam berbagai bahasa asing juga wajib dipelajari, karena tamu hotel tidak dapat dibatasi hanya dari negara tertentu. Selain itu, akuntansi perhotelan juga merupakan ilmu penting. Ini adalah bagian penting dari industri perhotelan, mulai dari pengadaan hingga penyimpanan barang. Keterampilan seperti ini akan kamu pelajari ketika belajar tentang perhotelan. Dalam istilah perkuliahan, kita menyebutnya sebagai tata boga (food production), tata hidang (food and beverage service), patiseri (pastry and bakery), tata graha (house keeping), dan masih banyak lagi!

Punya Skill Berbahasa Asing

Skill jurusan perhotelan yang sangat penting salah satunya adalah bahasa asing. Kemamuan ini tidak hanya dibutuhkan untuk beberapa posisi seperti GRO (Guest Relation Officer) atau FDA (Front Desk Agent). Tapi, keterampilan dasar bahasa asing juga diperlukan untuk posisi lain. Penguasaan bahasa asing baik lisan maupun tulisan wajib dimiliki bagi yang ingin terjun di bidang perhotelan. Bahasa asing yang kini banyak dibutuhkan industri perhotelan adalah bahasa Inggris dan Mandarin. Kemampuan berbahasa ini dapat dilatih dan terus dapat tingkatkan dengan mengikuti pelatihan di lembaga pelatihan bahasa asing.

Memiliki Mental Yang Sangat Fleksible dan Mudah Beradaptasi

Tidak seperti profesi lain, bekerja di bidang perhotelan dan pariwisata menuntut pekerjanya untuk bisa bekerja pada jam-jam yang tidak biasa seperti shift malam atau akhir pekan. Kamu juga harus mampu beralih dari satu tugas ke tugas lainnya dengan cepat karena situasi di lapangan yang dinamis. Karena itu, memiliki fleksibilitas tinggi merupakan atribut penting yang harus kamu miliki jika ingin berhasil di sektor perhotelan dan pariwisata, maupun di sektor lainnya. Untuk itu, hal ini menjadi salah satu skill jurusan perhotelan yang sangat dibutuhkan oleh industri manapun.

Mampu Menerima Segala Tantangan

Skill jurusan perhotelan yang satu ini sangat berharga. Dalam dunia kerja di bidang apapun, selalu ada tantangan. Profesional perhotelan membutuhkan soft skill untuk melakukan pekerjaan yang paling sulit sekalipun. Kemampuan kamu untuk mengatasi situasi sulit di masa depan akan dipertimbangkan oleh manajemen untuk menaikkan gaji atau mempromosikan kamu Penting juga bagi pekerja perhotelan untuk memiliki sikap positif terhadap pekerjaan mereka dengan antusias. Sikap seperti ini tidak hanya akan meningkatkan kepercayaan diri kamu, tetapi juga atasanmu.

Keterampilan Networking/Jaringan

Salah satu soft skill yang diajarkan dalam mata kuliah manajemen perhotelan adalah bagaimana berjejaring secara efektif. Tidak seperti kebanyakan bidang bisnis lainnya, jaringan di bidang ini bukan hanya cara untuk menaikkan peringkat, tetapi juga mendorong kunjungan pelanggan berulang. Kemampuan kamu mendatangkan klien setia yang bersedia datang kembali dalam jangka panjang juga akan memberimu kesempatan dalam peningkatan karier. Keterampilan Melayani Pelanggan Pelanggan adalah sumber pemasukan utama bagi sebuah hotel termasuk dana operasional dan biaya untuk membayar gaji karyawan. Karena itu, penting bagi karyawan dan manajer hotel untuk bisa memuaskan dan menyenangkan tamu. Keterampilan dalam melayani pelanggan yang baik adalah tentang bagaimana kamu bisa memahami kebutuhan pelanggan serta memberikan pengalaman menginap yang menyenangkan. Kemampuan dalam Organisasi Soft skill berupa keterampilan dalam berorganisasi sangat krusial dalam sektor perhotelan dan pariwisata. Dalam sektor ini, ada kebutuhan berupa permintaan mendadak yang kadang datang dari pelanggan. Kamu perlu memelihara struktur organisasi agar bisa menyelesaikan semua tugas yang ada dengan cara yang efisien. Berjiwa Entrepreneur dalam Bidang MICE Bisnis Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE) saat ini mulai merambah di Indonesia, berbeda dengan tingkat dunia yang sudah lebih dahulu mengenal MICE, sebagai usaha bisnis yang menjanjikan. Prodi Perhotelan Universitas Nusa Mandiri (UNM) saat ini juga membekali kemampuan mahasiswa dalam bidang Bisnis MICE sehingga nantinya diharapkan mahasiswa dapat bersaing dalam Bisnis MICE.

Etika Profesi

Etika profesi secara umum dapat dipahami sebagai aturan atau cara karyawan dalam melaksanakan tugasnya. Manajemen hotel sudah sepatutnya mengharapkan semua karyawan untuk melakukan pekerjaan yang berkualitas dengan etika kerja yang baik. Etika profesi meliputi disiplin kerja sesuai SOP, etika kerja yang timbul dari menghadapi tekanan, inisiatif, tanggung jawab dan sopan santun saat berhubungan dengan karyawan dan tamu hotel. Pemahaman yang baik tentang etika ini akan sangat membantu pengembangan karir kamu di era 4.0

Posted in
SMS: +6282146684719 Telp: +6282146684719 Whatsapp: 6282221068989 Telegram: 082221068989 Email: wisatakertha@gmail.com