Skill Perhotelan yang Harus di Miliki

Photo by Louis Hansel on Unsplash
Photo by Louis Hansel on Unsplash

Skill perhotelan atau hospitality skills membantu anda membuat orang lain merasa nyaman dan memberikan pelayanan pelanggan yang sangat baik dalam segala situasi.

Untuk berhasil di industri perhotelan, anda harus memiliki seperangkat soft skill yang kuat dan kemampuan untuk mempelajari keterampilan teknis apa pun yang berlaku di tempat kerja anda.

Bahkan untuk jenis pekerjaan hotel yang tidak berfokus pada melayani tamu, dengan skill perhotelan dapat berkontribusi pada budaya perusahaan yang positif dan membantu anda membangun hubungan bisnis.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa itu skill perhotelan, bagaimana mengembangkannya dan langkah-langkah apa yang harus diambil untuk menunjukkan skill perhotelan anda saat melamar pekerjaan.

Apa itu skill perhotelan?

Hospitality skill atau skill perhotelan adalah semua perilaku, alat, dan pengetahuan yang memungkinkan para profesional dalam industri pelayanan mengembangkan hubungan positif antara tamu dan perusahaan atau hotel yang menjamu mereka. 

Memiliki skill perhotelan memungkinkan anda untuk memiliki komunikasi interpersonal yang positif dengan orang lain dan mengatur aktivitas anda untuk membantu memenuhi kebutuhan orang lain. Keterampilan dalam perhotelan merupakan kualifikasi penting untuk bekerja di meja depan, departemen pelayanan tamu, restoran, spa, hotel dan tempat-tempat lain di mana pengunjung berharap kebutuhan mereka terpenuhi.

Apa saja skill perhotelan yang wajib dimiliki?

anda dapat unggul dalam peran perhotelan dengan mengembangkan berbagai keterampilan untuk membantu anda berkomunikasi secara efektif dengan orang lain, tetap teratur, dan menumbuhkan suasana ramah di tempat kerja anda. 

Banyak situasi mengharuskan anda untuk menggunakan beberapa skill perhotelan sekaligus, memungkinkan anda untuk menanggapi situasi yang bernuansa. Beberapa keterampilan terbaik yang dapat anda praktekkan untuk mengembangkan kompetensi perhotelan anda adalah:

Berorientasi pada detail

Perhatian terhadap detail melibatkan memperhatikan semua faktor kecil yang berkontribusi pada kepuasan tamu. Tempat yang menyediakan layanan kelas atas membedakan diri mereka dari pesaing karena mereka memperhatikan semua detail pengalaman pelanggan.

Kesabaran

Bersabar adalah keterampilan utama dalam setiap posisi layanan pelanggan atau hospitality. Profesional perhotelan harus dapat mendedikasikan diri untuk menyelesaikan masalah meskipun ada tantangan yang konsisten atau umpan balik yang membuat frustasi dari tamu. Mengkoordinasikan kebutuhan tamu dan memecahkan masalah dapat memakan banyak waktu, menjadikan kesabaran dan stamina sebagai keterampilan penting untuk menghindari kelelahan atau burnout.

Profesionalisme

Menunjukkan profesionalisme dengan mengenali dan menghormati batasan tamu adalah keterampilan perhotelan lain yang anda kembangkan dari waktu ke waktu. Sesuatu yang sederhana seperti mengetahui apa yang akan dikenakan atau menggunakan nada suara yang tepat untuk situasi tertentu dapat berdampak besar pada profesionalisme anda.

Multitasking

Seorang karyawan perhotelan mengawasi sekelompok besar tamu sekaligus dan masih harus memperlakukan setiap individu seolah-olah hanya ada prioritas mereka. Mampu melakukan banyak tugas memungkinkan anda dapat menyelesaikan tugas lebih cepat.

Orang dengan keterampilan multitasking yang kuat dapat dengan mudah menangani interupsi dan menyesuaikan kembali prioritas mereka untuk merespons situasi mendesak tanpa mempengaruhi alur kerja mereka secara umum.

Sikap Positif

Kemampuan untuk mempertahankan sikap positif dan ramah terlepas dari lingkungan anda adalah keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan perhotelan. Pelanggan berharap diperlakukan dengan baik setiap saat, dan seseorang yang tetap positif dapat berdampak pada perilaku seluruh tim mereka.

Rasa Empati

Mampu memahami perasaan orang lain atau berempati dan kasih sayang sangat penting untuk mengenali masalah mendasar yang dihadapi tamu dan menyelesaikannya dengan cara yang paling tepat. Setiap orang memiliki kepribadian dan perspektif yang unik, dan bersikap empati memungkinkan anda memahami bagaimana setiap orang suka diperlakukan dan menyesuaikan akomodasi mereka agar sesuai dengan kebutuhan mereka.

Penyelesaian masalah

Pemecahan masalah adalah salah satu bagian utama dari bekerja di perhotelan karena anda harus dapat mengidentifikasi masalah yang dialami tamu, membuat rencana tindakan untuk menyelesaikannya dan menindaklanjuti dengan tamu sesudahnya untuk memastikan kepuasan mereka.

Fleksibilitas

Peristiwa tak terduga dan situasi mendadak sering terjadi dalam pekerjaan perhotelan, jadi anda harus dapat merespons situasi yang berubah dengan fleksibilitas. Keterampilan fleksibilitas yang kuat mengharuskan anda untuk beradaptasi, memahami bagaimana memprioritaskan dan berkomunikasi dengan orang lain saat anda beralih dari satu tugas ke tugas berikutnya.

Kerja tim

Keterampilan kerja tim membantu anda berkolaborasi dengan tim untuk memberikan pengalaman positif kepada tamu saat mereka menginap di bisnis anda. Bekerja secara efisien sebagai tim memungkinkan anda mencapai lebih dari yang dapat anda lakukan sebagai individu, memberikan perhatian dan perhatian 24/7 yang konsisten kepada tamu.

“https://myrobin.id/untuk-pekerja/skill-perhotelan”

Posted in
SMS: +6282146684719 Telp: +6282146684719 Whatsapp: 6282221068989 Telegram: 082221068989 Email: wisatakertha@gmail.com