Tips dan Cara Menjadi Chef Profesional

Photo by Hemant Latawa on Unsplash
Photo by Hemant Latawa on Unsplash

Pada dasarnya, pekerjaan sebagai chef tidak terbatas pada membuat makanan saja. Cakupan kerjanya dapat sangat variatif tergantung tempat kerja dan jenis makanan yang disajikan. Intinya, chef merupakan ‘bos’ di area dapur yang bertanggung jawab untuk merencanakan menu, memilih dan memeriksa bahan-bahan, mengawasi staf dapur, hingga menangani berbagai masalah terkait makanan.

Namun, pada kenyataannya, cara menjadi chef profesional itu tidak mudah; butuh kerja keras dan waktu yang tidak sedikit, khususnya di masa-masa awal merintis karier. 

Punya hobi masak dan berpikiran untuk menjadi chef profesional? Tentu saja hal ini bisa terjadi dan sangat mungkin dilakukan. Jika ingin masuk ke dunia profesional setidaknya kamu bisa mengikuti cara-cara menjadi chef berikut ini!

1. Mengambil Pendidikan Formal Tata Boga

Pendidikan formal memang bukan merupakan cara menjadi chef yang wajib dilakukan. Namun, hal ini dapat membantumu untuk tampil lebih unggul dan kompetitif. Melalui pendidikan kuliner di sekolah dan kampus, kamu akan mempelajari berbagai resep, bahan, teknik, dan terminologi memasak dari seluruh dunia. Selain itu, kamu pun akan mulai terbiasa dengan situasi dapur profesional dan memiliki kepercayaan diri untuk bekerja dengan berbagai peralatan dapur.

Jurusan yang satu ini tidak hanya berpusat pada kemampuan memasak, tapi juga terkait pengelolaan restoran, seperti manajemen restoran, pengelolaan sumber daya manusia, hingga pengembangan menu.

2. Bekerja di Restoran

Memasak di rumah dan restoran adalah dua hal yang sangat berbeda. Karena itu, milikilah pengalaman kerja sedini mungkin, bahkan saat kamu sedang duduk di bangku sekolah atau kuliah. Hal ini merupakan salah satu cara menjadi chef yang cukup ampuh, lho.

Hal ini akan memberikan gambaran konkret tentang dinamika kerja di industri restoran dan tentu menawarkan pengetahuan yang tidak ternilai. Pengalaman tidak hanya membentuk kemampuanmu, tapi juga menjadi wadah yang tepat mengembangkan koneksi yang mungkin akan membantu kariermu di masa depan.

3. Tidak Ada Salahnya Mencoba Short Course 

Pendidikan kuliner memang dapat membantumu untuk mengetahui cara menjadi chef, tapi hal tersebut tidak akan menjamin kesuksesanmu. Karena itu, kamu harus bersedia bekerja keras dan menghabiskan banyak waktu untuk terus belajar, salah satunya adalah dengan mencoba short course.

Pasalnya, tidak ada salahnya jika kamu mengembangkan keterampilanmu pada berbagai masakan dan teknik dengan mengikuti short course. Cara ini bisa membuatmu lebih sering terpapar dengan informasi seputar makanan dan budaya baru yang sekiranya dapat menginspirasi kreativitas kulinermu. Intinya, ingatlah untuk tidak pernah berhenti belajar, ya!

4. Ambil Sertifikasi 

Sama seperti pendidikan formal, sertifikasi memang bukan cara menjadi chef yang wajib untuk dilakukan. Tetapi, kalau kamu mengikuti sertifikasi, setidaknya karir chefmu akan berjalan dengan sedikit lebih mudah. Sertifikasi yang sesuai dengan spesialisasi kamu akan menambah daya kompetitif dibandingkan dengan chef lain.

Posted in
SMS: +6282146684719 Telp: +6282146684719 Whatsapp: 6282221068989 Telegram: 082221068989 Email: wisatakertha@gmail.com